Friday, February 13, 2015

2/13/2015 08:28:00 PM


Khasiat Tanaman  Pulutan /Pungpulutan

Mengenal tumbuhan Pulutan/Pungpulutan yang penuh Khasiat
Pulutan atau pungpulutan atau dalam bahasa latinya Urena lobata adalah jenis tumbuhan yang berserat yang satu kerabat darii suku kapas-kapasan tumbuhan ini termasuk tumbuhan liar, biasanya tumbuh pada tempat yang baru dibangun. Pada sisi tanah yang masih terbuka. Pulutan tumbuh liar ditepi-tepi jalan setapak atau diantara semak-semak belukar pada tanah terbuka. Hampir semua bagian tumbuh dari tanaman pulutan sangat bermanfaat sekali dalam pengobatan mulai dari bagain akar,batang dan daun.
Tumbuhan ini berbentuk  tegak yang bercabang banyak ,ini mempunyai batang dan tangkai yang kuat sehingga sulit untuk dipatahkan dan seluruh bagian tanaman ini ditumbuhi rambut halus, tinggi tanaman ini dapat mencapai  1 m.  Daun tunggal, berlekuk menjari 3,5 atau 7, tumbuh berseling, panjang 3 - 8 cm, lebar 1 - 6 cm, tepi daun  bergigi, warna daun bagian atas hijau, Daunya menjari dan bergerigi tajam pada kedua sisinya juga berbulu halus. Tangkai bunganya bergagang pendek dan muncul pada setiap daun. Sehingga tumbuhan ini ditemuakn dengan cepat dan mudah untuk dikenalinya.

Bunga tanaman Pulutan berwarna merah tua,merah muda dan ada yang berwarna putih. Buahnya berupa kotak dan berbiji hanya satu. Tumbuhan ini daunya berkhasiat sebagai obat.
Apabila pada suatu hari ketika sedang bekerja diladang atau sedang berjalan-jalan didaerah pegunungan tiba-tiba kita terkena sengatan serangga,satu satunya obat yang mudah kita dapatkan hanyalah daun pulutan ini.

Petiklah beberapa lembar daun pulutan,Tumbuk agak halus lalu berikan beberapa tetes air. Hasil tumbukan itu kita taburkan diatas luka bekas sengatan serangga tadi.
Khasiat ramuan ini adalah sebagai penawar racun serangga yang di tinggalakan pada luka sengatan atau gigitan tadi.
Selain sebagai obat penawar racun serangga ternyata khasiat lain pada tumbuhan ini adalah sebagai Obat Panas influenza, radang tonsil (Tonsilitis), malaria, Reumatik; Keputihan, Bengkak, Muntah darah, Bisul; Luka berdarah, tulang patah, payudara bengkak, gigitan ular.

Cara untuk mengolah tanaman Pulutan atau Pungpulutan untuk dijadikan sebagi obat yaitu:
Jika terkena influenza,Panas,Malaria keputihan yaitu dengan cara merebus bagian akar Pulutan lalu diminum 2 kali sehari
Dan jika terjadi luka luar seperti terkena racun serangga tumbuk bagian batang dan daun sampai halus lalu oleskan pada luka..
Ternyata khasiat tanaman Pulutan/Pungpulutan sangat banyak meski tanaman ini adalah tergolong sebagai tanaman liar.
Demikian Artikel Mengenal tumbuhan Pulutan yang memliki berbagai macam kahsiat untuk mengobati penyakit dan Terimakasih sudah membaca artikel mengenal Tanaman Pulutan yang penuh khasiat semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment