Wednesday, February 18, 2015

2/18/2015 10:00:00 AM


Mengenal Tumbuhan Pegagan atau kaki kuda yang sangat berkhasiat untuk kesehatan
Adalagi tanaman yang mirip dengan tanaman daun Asam atau jukut calincingan. Tumbuhan ini bernama daun kaki kuda sebutan lainya Calincing Rambat atau biasa dikenal dengan nama Pegagan, Nama latin dari tumbuhan ini adalah Centellla Asiatica urban.
            Jenis Tumbuhan dari Keluarga umbelliaferae termasuk jenis tanaman liar yang hampir terdapat di seluruh indonesia, dan menurut beberapa sumber berasal dari asia tropik , tanaman ini menyukai tanah yang agak lembab dan cukup mendapatkan sinar matahari atau teduh. Dan tanaman ini tumbuh subur didaerah bertanah lembab berbatu, kadang kita jumpai tanaman ini tumbuh dicela celah retakan tembok,lantai belakang,sisi kamar mandi atau pada dinding lubang sumur, Perbedaan tumbuhan ini dengan daun masam adalah tumbuhan ini mempunyai daun lebih besar dan bercabang banyak,serta setiap cabang dapat membentuk tumbuhan baru hingga sangat rimbun serta dapat membentuk rumpun yang menutupi tanah.
            Daunya bundar,berbentuk seperti ginjal dengan tepi bergerigi dan bertopang diatas tangkai daun yang panjang. Letak daun bergerombol seputar batang, tumbuhan ini bunganya berwarna putih dan merah muda,tersusun karangan berupa payung tunggal atau 3-5 bersama-sama keluar  pada ketiak daun tersusun dalam karangan berupa payung, Buahnya kecil-kecil dan rasanya pahit.
            Dipedesaan Tumbuhan ini ditanam orang sebagai tanaman sayuran. Cara membudidayakanya dengan stek. Tumbuhan pegagagn atau kaki kuda ini berkhasiat banyak sekali. Rebusan tumbuhan pegagan ini dapat digunakan untuk mengobati macam-macam penyakit seperti sakit perut,radang usus,melancarkan air seni,batuk,asma dan bronkitis serta sariwan. Daun mentah yang ditumbuk halus dapat digunakan untuk obat borok atau luka kulit
Demikian Khasit dari tumbuhan Daun kaki kuda semoga bisa bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Post a Comment