Friday, February 13, 2015

2/13/2015 02:18:00 PM
Khasit Tumbuhan Tapak Liman

Tapak liman (Elephantopus scaber) adalah termasuk jenis tanaman obat yang sering ditemui di perkampuangan tanaman ini bersifat tanaman liar karena yang mudah di temukan di bantaran kali atau lereng pegunungan, Sifatnya yang mudah tumbuh menjadikan tumbuhan ini bertumbuh tagak dan warna daunnya  hijau tua dengan tepi daun bergelombang, Seluruh bagian tanaman ini  yaitu  daun, akar, dan batang tanaman diyakini dapat digunakan sebagai obat tradisional.
Tapak liman juga kerap digunakan oleh ibu hamil pada zaman dulu untuk mempercepat proses kelahiran. Sebab, tapak liman yang merupakan keluarga dari Compositae mempunyai sifat melicinkan. Bahkan beberapa peternak memberikan tapak liman pada sapi yang akan melahirkan. Selain punya efek melicinkan tetapai khasiat lain dari tumbuhan tapak liman Salah satunya sebagai Obat penyakit lesun darah atau penyakit kurang darah (Anemia), tanaman ini juga sering dikenal dengan Viagra Jawa. Di sebenarnya  tanaman ini memiliki banyak khasit untuk meneymbuhkan beberapa penyakit seperti melancarkan air seni, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan berbagai jenis radang (termasuk radang rahim alias keputihan), antianemia, pembersih darah, antikanker, mengatasi perut kembung, beri-beri, disentri, digigit ular, batuk seratus hari, hingga hepatitis. 
Tumbuhan tapak liman mempunyai daun mirip lobak tapi agak kaku. Daun tumbuhan ini berbulu kasar dan bertangkai daun lebar memanjang dengan kedua sisinya bergelombang, letak tumbuh daunya hampir rata dengan permukaan tanah. Tangkai bunganya berdiri tegak. Bergagang panjang dan bercabang bunganya tunggal dan berwarna ungu,serta daun mahkota berbentuk bintang tiga.daun tapak liman berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya adalah  penyakit Lesu darah/kurang darah. Gejalahnya orang terkena lesu darah adalah jika berdiri setelah lama jongkok pandangan suka berkunang-kunang.
          Orang-orang tua dahulu biasanya menggunakan ramuan ini dengan cara memetik beberapa helai daunnya lalu mencucinya bersih, kemudian direbus.
Air 3 gelas dikeringkan menjadi 2 Gelas. Setelah air godokan itu dingin lalu disaring dan diminum sebagai obat penambah darah diminum dua kali sehari pagi dan sore hari setalah makan.
Tidak disangka tumbuhan liar seperti Tapak liman ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk mengobtai berbagai macam penyakit seperti Anemia,Melicinkan proses kelahiran,Penyakit cacar air,penyakit demam,Penyakit keputihan dan mengurnagi rasa nteri haid. Sunggu luar biasa

Demikien Artikel Khasit Tumbuhan Tapak Liman untuk mengobati penyakit Anemia semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment