Monday, February 16, 2015

2/16/2015 01:49:00 PM


Daun Jukut calincingan
  Mengenal Khasiat Tumbuhan Daun Jukut Calincingan
Daun Jukut calincingan atau dalam bahasa latinya adalah Oxalis Corminaculata,adalah termasuk jenis tanaman herbal  dan jenis tumbuhan rendah, tingginya mencapai 10 hingga 50 cm. Daunnya seperti semanggi, berbentuk bujur telur, tumbuh bertiga dalam satu tangkai di ujung. Tangkai batangnya bertingkat, bunganya dalam payung tunggal di ketiak dengan 2 sampai 8 bunga, daun mahkota kuning dengan pangkal hijau, panjang 3 sampai 8 mm. Benang sari di depan daun mahkota lebih pendek dari pada yang lima lainnya. Tangkai putik berambut. Bentuk buahnya seperti belimbing manis besarnya sekitar 8 hingga 10 mm, rasanya masam.yang sangat berkhasiat dalam menyembuhkan beberapa penyakit  tanaman ini biasa tumbuh didaerah yang lembab dan tanahnya berbatu-batu lebih tepatnya ditanah lereng yang berbatu-batu,disitu pasti banyak ditumbuhi tumbuhan-tumbuhan merambat dan lumut dan pastinya terdapat tumbuhan jukut calincingan. Tumbuhan jukut calincingan sejenis tumbuhan kecil yang tumbuh diantara bebatuan atau dalam bahasa latinya adalah Oxalis Corminaculata.
Sebutan nama daerah tumbuhan ini adalah di Aceh bernama Daun Asam Kecil,Lela, Di palembang disebut dengan Semanggi,dijawabarat (sunda) disebut Jukut calincing,di Jawa disebut Semanggen di madura sebut Cembicenan dan diternate disebut dengan daun mala-mala, 
Tumbuhan ini berdaun majemuk berjari tiga dan naka daun berenntuk panjang. Bunganya berwarna kuning dan terdapat pada ketiak daun tersusun dalam rangkaian berupa payung. Buahnya lonjong dan pada bagian ujungnya berbentuk paruh.
Tumbuhan ini bertangkai daun panjanjang dan berbulu halus.  Apa manfaat tumbuhan yang sepintas dapat kita golongkan sebagai tumbuhan gulma? Dalam penelitian medis ternyata tumbuhan ini dapat menyembuhkan penyakit sariaman dan menghilangkan bau mulut. Semua bagian dari tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat herbal.

Cara mengolah daun ini sebagai obat yaitu:
Petik beberapa daun kemudian cuci bersih lalu ditumbuk hingga halus,kemudian kita seduh dengan air hangat llau disaring, airnya kita gunakan sebagai obat kumur dan menyembuhkan sariawan atau bau mulut. Selain itu dapat juga kita gunakan untuk obat tetes mata guna menghilangkan rasa gatal.
Coba anda lakukan penggunaanya berulang kali mudah-mudahan anda merasakan manfaatnya.
Demikian artikel tentang Mengenal Khasiat Tumbuhan Daun Jukut Calincingan semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment