Thursday, February 12, 2015

2/12/2015 08:46:00 PM


Tanaman Nanangkaan
Khasiat Tumbuhan Nanangkaan untuk mengobati Penyaki,
Selamat datang kawan di Blog Alazthiar-Helth 
Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai  Tumbuhan Herbal yang sangat berkhasiat dalam menyembuhkan beberapa penyakit, Tumbuhan ini bernama Nanangkaan/Patikan Kebo atau bisa disebut juga dengan Gedong anak,Pasti temen temanan-teman asing  dengan nama tumbuhan ini,Tumbuhan nanangkaan atau dalam bahasa latinya adalah Euphorbia hirta
Tumbuhan ini biasa tumbuh didaerah pemukiman baru dan banyak kita temukan tumbuhan seperti nanangkaan/Gedong anak atau patikan kebo (Euphhorbia Hira). Tumbuhan tersebut mudah dikenal dan dijumpai pada dinding yang lembab dan di pinggir aliran sungai. Tumbuhan ini tumbuh merayap dicelah bebatuan atau tumbuh tegak diantara tumbuhan lainya. Tinggi tumbuhan ini mencapai 0,5 Meter, tetapi yang sering kita dapatkan hanyalah sekitar satu jengka, Bentuk tumbuhan ini batangya pendek berbuku-buku , daunya saling berhadapan,berbentuk bulat telur ,bergerigi halus pada kedua sisinya dan pada bagian tengahnya terdapat noda berwarna nila. Buah dan bunganya terdapat pada ketiak setiap tangkai daun dan terletak menopang diatas batang. Tumbuhan itu berkembang biak melalui biji.
Tumbuhan ini memang tidak besar namum memiliki khasiat sangat ampuh dalam pengobatan beberapa penyakit diantaranya tumbuhan ini dapat menyembuhkan Luka sayatan,luka lebam dan dapat penyembuhkan Asma atau bronkitis ,
Masyarakat zaman dahulu sebelum ada rumah sakit atau pusksesms masyarakat biasanya menggunakn tamanam in dalam mengobati beberapa macam penyakit. Banyak orang menggunakanya untuk ramuan obat,seperti daunya yang telah dicuci. Dan ditumbuk halus dapat digunakan untuk mengobati luka tersayat pada kulit  dan bisa mengobati luka lebam atau dapat mempercepat masaknya penyakit bisul dengan cara menempelkan tumbuhan nanangkaan pada permukaan bisul tetapi jangan menutupi permukaan mata bisul,sehingga cepat pecah. Tanaman ini juga bisa mengobati penyakit asma dengan cara tanaman dicuci setelah telah dicuci bersih lalu digodok,air rebusanya disaring setelah disaring  dapat kita minum sebagai obat asma atau bronkhitis dan tumbuhan ini pun sangat ampuh dalam mengobatai penyakit radang mata cara penyembuhnaya yaitu dengan cara teteskan getah tumbuhan ini pada mata yang sakit,namun pengobatan dengan cara ini sangat tidak direkomendasikan untuk mengobati mata.
Demikian penjelasan tentang khasiat tumbuhan nanangkaan/Patikan kebo/Gedong anak, dan terimakasih sudah membaca artiket Tentang Khasiat tanaman Nanangkaan dalam menyembuhkan penyakit luka sayatan dan Asma semoga bermanafaat dan menjadi sumber referense anda.

0 komentar:

Post a Comment