Friday, February 13, 2015

2/13/2015 09:34:00 PM


Mengenal tanaman Sidagori (Sida condifolia) ada lagi tanaman liar lainya yang tidak kurang khasiatnya untuk pengobatan. Mari kita melanjutkan perjalanan kita kunjungi daerah terbuka yang agak teduh di naungi pohon-pohon tinggi ditepi pedesaan atau perkebunan yang tidak begitu terurus. Disana banyak tumbuh tumbuhan liar. Disana pula kita akan menemukan tumbuhan yang mempunyai ketinggihan dibawah 0,5Meter ditanah yang kurang subur itulah tumbuhan sidagori (Sida Condifolia),Tumbuhan ini berdiri tegak,banyak bercabang pada batang bagian dekat tanah kayu dan kokoh. Daunya bundar bergerigi tumpul pada kedua sisinya,bertekuk pada bagian pangkalnya dan ujungnya tumpul. Bunganya tunggal berwarna kuning dengan tangkai yang panjang tumbuh pada ketiak daun. Tumbuhan sidagori memiliki banyak manfaatnya.

Daunya dapat kita gunakan sebagai tapel untuk penawar sakit kepala.
Kandungan pada tanaman liar daun sidaguri. mengandung alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino serta minyak atsiri.

Kandungan batang tanaman sidaguri antara lain kalsium oksalat serta kandungan tannin.
Kandungan akar tanaman sidaguri adalah alkaloid, kandungan steroid serta kandungan ephedrine
Caranya ambil atau petik beberapa lembar daun sidagori lalu diremas-remas dan dicampur dengan beberapa tetes air lalu ditempelkan pada kepala yang sakit.
Rebusan daunnya berkhasit sebagai obat batuk dan melancarkan air seni. Dan rebusan akarnya selain sebagai obat untuk melnacarkan air seni juga sebagai obat penurun demam. Bijinya juga dapat digunakan untuk obat batuk caranya; petik beberapa lembar daun sidagori,akar dan bijinya lalu dicuci bersih. Kemudian direbus dengan tiga gelas air biarkan sampai menjadi dua gelas.
Setelah itu disaring da diminum sehari dua kali. Pada pagi dan sore hari setalah makan.

Dari sekian banyak manfaat tanaman sidagori yang paling terkenal dan populer adalah untuk mengobati asam urat, cara pengunaan sidaguori untuk asam urat yaitu dengan cara merebus akan dan batang sidagori pada pada 1 liter air hingga terseisah setengah . kemudian saring dan minum untuk mendapatkan manfaat dari tanaman sidaguri.
Siapa bilang tanaman liar yang tidak perah dibudidayakan tidak berguna?

Ternyata tanaman liar sidagori memiliki banyak khasiat untuk mengobati beberapa panyakit. Demikian artikel tentang Mengenal Tanaman liar sidagodi yang penuh khasit  dan terimakasih sudah membaca Artikel Mengenal tanaman liar sidagori yang penuh khasiat.

0 komentar:

Post a Comment