Friday, March 6, 2015

3/06/2015 06:04:00 PM
 Tumbuhan tembelekan cente
Mengenal Tumbuhan Herbal Tembelekan/Cente yang Penuh khasiat bagi Kesehatan
Tumbuhan Tembelekan atau cente dalam bahasa ilmiah disebut dengan Lantana Camara Tumbuhan ini dikenal dengan tumbuhan liar biasanya tumbuh subur pada tanah yang lembap. Berbatang kayu, akarnya kokoh dan dapat menahan longsoran tanah pematang sawah atau dan juga sering ditemuai pada tanggul pinggir sungai, bercabang dan beranting, serta tumbuhan ini terdapat bulu,berduri pendek dan kaku. Permukaan Daun Memiliki benjolan dan memiliki bulu kasar, Kedua sisi daun bergerigi. Memiliki Bunga berwarna merah jingga  cerah dan tumbuh berkelompok dalam satu tangkai. Buahnya beregrombol yang berbentuk seperti manic-manik kecil dalam satu tangkai panjang yang tumbuh diketiak daun.

Cara menggunakan tumbuhan obat ini dengan cara diminum dan pemakaian luar. Untuk diminum, akar kering sebanyak 30-60 gr direbus, lalu diminum. Pemakaian luar digunakan untuk radang kulit, gigitan serangga keputihan, eksim, memar, jamur kulit, pendarahan pada luka, tersiram air panas,bisul Caranya, daun dan ranting segar dihaluskan,lalu ditempelkan ke tempat yang sakit atau direbus dan airnya digunakan untuk cuci (Yohana, 2011).
Untuk Beberapa penyakit tertentu seperti keputihan ,batuk, rematik, TBC, dan sebagainya memiliki teknik penggunaan tersendiri. 

1.      TB Paru dengan batuk berdarah, Ambil Bunga tembelekan yang sudah kering sebanyak 6-10 lalu direbus dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa setengah atau separuh, kemudian dinginkan dan disaring, dibagi untuk 3 kali minum. diminumlah pagi hari, sore hari dan malam hari, masing-masing 1/2 gelas.

2.       Rematik, Akar tembelekan kering sebanyak 1 genggam direbus dalam 5 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Setelah hangat air rebusan tersebut digunakan untuk mandi.

3.      Keputihan, Kencing nanah, Akar tembelekan kering sebanyak 45 g dipotong tipis-tipis lalu direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. kemudian dinginkan dan disaring, lalu dibagi rata  untuk 2 kali minum pagi dan sore.

4.      Dermatitis, , Jamur Kulit, Eksim, Daun tembelekan segar sebanyak 1 genggam direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Air yang diebus tadi dimakan sampai hangat lalu digunakan untuk mencuci kelainan kulit.

5.       Bisul, Daun tembelekan segar secukupnya dicuci bersih lalu ditumbuk hingga halus. Bubuhkan dan oleskan pada bisul, lalu dibalut samapi rata. Lalu rutin diganti  2 - 3 kali sehari.

6.       Memar, Luka berdarah, Bunga dan daun tembelekan segar secukupnya dicuci lalu dibilas dengan air masak. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus kemudian bubuhkan pada tempat yang sakit, lalu dibalut. Ganti 2 - 3 kali sehari.

7.       Batuk, Daun tembelekan kering sebanyak 5 g direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa separuh. Kemudian dinginkan dan disaring, dibagi rata,diminum 3 kali sehari , yaitu pada  pagi, siang dan sore.

8.      Perangsang Muntah pada Keracunan Makanan, Daun tembelekan segar sebanyak 1 genggam dicuci bersih lalu diseduh dengan setengah gelas air. Biarkan selama 15 menit. Hangat-hangat diminum sekaligus.

Demikian Artikel Mengenal Tumbuhan Herbal Tembelekan/Cente yang Berkhasiat bagi Kesehatan semoga bermanfaat bagi pengunjung


Sumber: kphl-kotaagung[dot]blogspot[dot]com




0 komentar:

Post a Comment