Thursday, February 19, 2015

2/19/2015 03:48:00 PM


Khasiat Babadotan  bagi kesehatan
Tumbuhan Babadotan adalah termasuk jenis tumbuhan liar. Tumbuhan ini mudah ditemukan pada tanah yang tidak terawat biasanya banyak kita temukan tumbuhan babadotan atau dalam bahasa latinya adalah Ageratum Conyzoides) tumbuhan ini bergerombol.

Nama lain Babadotan:
Dalam Bahasa inggris nama tumbuhan ini adalah Billy goat weed,Bastard agrimony, Bahasa sumatera: Siangit tombak jantann,bandotan,daun tombak kahwa,Rumput tahi ayam, Dalam Bahasa jawa babadotan,Bahasa Sulawesi: Dawet,lawet,rukut,Bahasa China: Sheng hong ji Bahasa Tagalog: Bulak,manok Bahasa India: Ajganda,sahadevi, dan beberapa nama lain: celestine,eupatoire bleue,agerati radix,akar badotan,agerati herba,herba bandotan.
Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tropis.    Dan Di Indonesia sebenarnya tumbuhan ini adalah tanaman gulma atau pengganggu diladang atau kebun,dan tumbuhan ini  tidak pernah dipelihara orang. Ia adalah tumbuhan liar. Dipedesaan tumbuhan ini sering kita temukan dipinggir jalan setapak.


Ciri-Ciri  Fisik tumbuhan Babadotan
Tanaman ini tumbuh tegak atau bagian bawahnya berbaring,tingginya sekitar 30-90 Cm dan bercabang,babadotan memiliki batang bulat berambut panjang,jika menyentuh tanah akan mengeluarkan akar, tanaman ini mempunyai daun bertangkai  berebtuk bulat telur dan runing pad abgaian ujungnya,bercak hijau dengan garis-garis tulang daun yang jelas dan berwarna kuning muda serat bergerigi pada kedua sisi daunya. letaknya saling berhadapan dan bersilang (Compositae)
Babandotan memiliki bunga majemuk berkumpul 3 atau lebih berbentuk marai rata yang keluar dari ujung tangkai warnanya putih. Pnajng bunga 6-8 mm,dengan tangkai yang berambut. Buahnya berwarna hitam dan berbentuk kecil. Daerha distribusi atau habitat dan budidaya bendotan dapat diperbanyak dengan biji.
            Bagian belakang daun berbulu jarang dan kasar. Batangnya berbulu halus yang berwarna putih dan putih kebiruan,terletak diatas tangkai panjang yang tumbuh diketiak daun. Bandotan dikelompokan dalam golongan tumbuhan terna semusim, Jika daunya telah tua,layu dan membusuk tumbuhan ini akan mengeluarkan bau yang tidak enak.

Khasiat Tumbuhan ini adalah untuk mengobati  pendarahan pada kulit yang terluka atau tersayat agar luka tidak terinfeksi. Caranya,Ambil beberapa lembar daunya,kemudian cuci hingga bersih dan rebus hingga lumat. Kemudian tutupkan pada luka sayatan tadi.

Zat yang dikandung dan khasiat babandotan:

Komposisi dari tanaman ini adalah mengandung organacid,pectic substance,asam amino,minyak asiri kumarin,agertochromene,friedelin,B-sitosterol,stigmasterol,tanin,sulfur dan potassium chlorida. Akar babandotan mengandung alkaloid,minyak asiri dan kumarin.
Tumbuhan babandotan memiliki banyak khasiat pereda demam (Antipiretik) 
Stimun,Stonik,Antitoksik menghilangkan pembekakan,peluruh kencing,menghentikan 
pendarahan,peluruh haid dan peluruh kentut
Sedangkan daun babandotan dapat digunakan pula sebagai insektisida nabati selain ageratum conyzoide.s L terdapat babandotan varietas lain yang mempunyai khasiat yang sama yaitu Ageratum Haoustonianum mill. Ekstrak daun babadotan (5-10 %) dapat menambah stamina fitalitas anda pada pasangan

Khasiat Tanaman babadotan bisa mengobati:
1.      Penyakit Bisul dan Borok
2.      Remati atau reumatik Bengak karena keseleo
3.      Mengobati Sakit Telinga Akibat Radang
4.      Mengobati Luka berdarah bisul eksim
5.      Pendarahan Rahim,Luka memar
6.      Mengobati penyakit Tumor rahim
7.      Mengobati sakit tenggorokan
8.      Mengobati Penyakit Malaria dan Influenza
9.      Untuk Perawatan rambut
10.  Mengobati perut kembung,sakit perut dan muntah

Resep obat tradisional dan penggunaan berikut disarikan hasil penelitian BPPT (IPTEKnet) dengan CODATA ICSU Indonesia yang direalisasikan pada tahun 2002

Dikutip dari: Asgar.or.id
Demikian Mengenal Tumbuhan babdotan semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment