Saturday, February 14, 2015

2/14/2015 02:15:00 PM


Mengenal Khasiat Tanaman liar bayam duri bagi kesehatan
Bayam duri adalah tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, Ditanah terbuka dengan bermaung pada rindangnya pepohonan besar kita melanjutkan perjalanan untuk menelusuri daerah yang bertanah agak lembab. Dipemukiman baru yang belum dihuni,biasanya tanah bagian belakang sering bertumpuk sisa bahan bangunanan yang sudah tidak terpakai lagi. Pada tanah seperti itulah biasanya sering kita temukan banyak tumbuhanan yang dinamakan bayam duri atau dalam bahasa latin disebuat dengan Amaranthus spinosus. Tumbuhana ini satu rumpun dengan bayam sayur, Bedanya Bayam duri ini tidak dibudidayakan karena tumbuhanan dianggap tumbuhan liar, dan  daun bayam duri lebih kasar dan kecil-kecil dibandingkan bayam sayuran.  Bayam duri tumbuh secara liar dipekarangan atau dihalaman-halaman sekolah. Banyak orang menganggap sebelah mata dan bahkan memusuhi bayam duri karena bayam duri sering membuat telapak kaki seseorang tertusuk ketika berjalan.
Tumbuhan ini memepunyai duri keras yang tumbuh pada bagaian buku-buku dibawah ketiak daun,bahkan diantara tangkai bunganya.
          Jenis bayam duri ini ada dua macam yaitu bayam duri berwarna hijau dan satu lagi merah. Walaupun jenis bayam ini tidak dibudidayakan orang disebabkan berduri namun masih banyak orang yang memanfaatkanya karena berkhasiat.
Menurut penelitian tanaman berduri ini mengandung amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, kalsium oksalat, garam fosfta, zat besi, serta vitamin A, vitamin A, Vitamin K dan B6.  Sehingga menurut para mdeis tanaman bayam duri memiliki banyak khasiat bagi kesehatan salah satunya  mampu menyembuhkan penyakit keputihan,sakit tenggorokan dan mengobati sakit gigi hampir semua bagian tanaman ini berkhasit dari akar, pucuk daun  muda dan bunganya pun sangat berkhasiat.  serta Air rebusan pucuk tangkai daun muda dan bunganya sangat berkhasiat untuk meringankan atau bahkan menyembuhkan penyakit asma atau sesat nafas.
Untuk mengolah tanaman ini sebagai obat Asma dan sesat nafas caranya cukup mudah, yaitu ;
Petik beberapa lembar daun dan bungnya lalu cuci yang bersih kemudian rebus dengan tiga gelas air sampai menjadi dua gelas. Setelah dingin lalu disaring dan diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.
dan untuk mengolah akar dari tanaman Bayam duri untuk mnegobati sakit gigi,sakit tenggorokan dll. Yaitu besihkan akar bayam duri lalu rebus dengan air satu gelas lalu disaring dan diminum 1 kali dalam sehari.
Demikian tentang khasit daun bayam duri dan terimakasih sudah membaca artikel khasiat tanaman liar bayam duri bagi kesehatan semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment