Sunday, March 29, 2015

3/29/2015 01:14:00 PM

 Cara mencegah Penyakit meningitis
Penyakit meningitis yaitu radang pada membran pelingdung yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit meningitis bisa menyerang semua golongan, dari mulai bayi sampai orang tua. Meningitis merupakan infeksi sangat berbahaya karena sifat otak yang sangat halus. Sel-sel otak adalah sel-sel yang tidak akan beregenerasi sendiri. Oleh karena itu, jika jaringan otak rusak oleh infeksi, seumur hidup akan tetap cacat. Penyakit meningitis seringkali disebabkan oleh infeksi mikroorganisme yang sebagian besar disebabkan oleh virus, dengan bakteri, fungi, dan protozoa sebagai penyebab paling sering berikutnya. Tetapi meningitis juga dapat disebabkan oleh cedera fisik, kanker atau obat-obatan tertentu. Gejala radang selaput otak diantanya : Gejala awal yang lekas marah dan penolakan diadakan atau makan, Sangat mengantuk atau mengantuk dengan keengganan untuk bangun, Mual dan muntah, Kekakuan leher, Nyeri otot atau joint, Diare, Sakit kepala, Demam.


Cara Pencegahan Penyakit Meningitis

1.      Menjaga dan Meningkatkan Kebersihan. Tranmisi penyakit meningitis ini dapat dicegah dengan meningkatkan tingkat kebersihan antara orang-orang dengan resiko infeksi dan diantara mereka yang mungkin menyebarkan penyakit. Hal yang paling penting adalah menjaga kebersihan tangan, karena tangan adalah media yang paling beresiko untuk menularkan virus dan bakteri. Untuk itu biasakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun antikuman dan bilas dengan air yang mengalir.
2.      Hindari Berbagi Peralatan. Berbagi peralatan seperti menggunakan piring, gelas, sedotan, handuk dan peralatan lain yang sama dengan si penderita akan memudahkan penyebaran bakteri meningitis, untuk itu hidari berbagi peralatan dengan penderita untuk mencegah timbulnya penyakit meningitis.
3.      Tutuplah Hidung dan mulut saat bersin.
4.      Konsumsi antibiotik saat sedang bersama-sama dengan orang yang terjangkit virus. Hal ini merupakan pencegahan terhadap bagaiamana mudahnya virus meningitis menyebar.
Meningitis atau radang selaput otak adalah penyakit menular. Kuman yang menyebabkan penyakit meningitis ini dapat ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melaui batuk dan kontak pada jarak yang dekat. Untuk itu penting sekali untuk segera pergi kedokter jika gejala-gejala meningitis dirasakan oleh anda dan orang-orang terdekat anda. Karena hanya dokter yang dapat menentukan apakah penyebab meningitis yang anda derita. Karena setiap penyebab meningitis mendapatkan penanganan dan therapy yang berbeda. Penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat mematikan jika tidak segera diobati. Itulah dia pengetahuan lengkap mengenai penyakit meningitis atau radang selaput otak, semoga bermanfaat.
Sumber: Bidanku.com

0 komentar:

Post a Comment